☑ Fiche du Jeu | Castle Rock: The Complete First Season | Eps4 The Putin Interviews (2017)

ASTAGFIRULLAH !! Pesta syirik INI menjadi penyebab gempa di palu

  • Published on: 06 October 2018
  • ASTAGFIRULLAH !! Pesta syirik menjadi penyebab gempa di palu

    PALU – Sebelum bencana alam gempa dan tsunami melanda kota Palu, banyak warga yang menghadiri kegiatan festival kebudayaan palu nomoni di pantai Talise, Palu Sulawesi Tengah. Para warga hadir di pantai tersebut untuk menyaksikan kegiatan Balia yang memang sudah lama hilang. Kegiatan Balia merupakan kegiatan yang sudah lama hilang dan ingin dihidupkan kembali. Balia sendiri dahulu digunakan untuk mengobati orang sakit menggunakan mantra dan dilakukan oleh orang yang ahli. Menurut Andi Ahmad, budaya ini baru dihidupkan kembali sejak 2016, biasanya menggunakan sesajen, seperti menghanyutkan makanan ke laut, dan hewan ternak seperti kambing. “Biasanya untuk mengobati orang sakit menurut cerita dahulu, identiknya sih dengan sesajen,” kata Andi Ahmad, saat dimintai keterangan di jalan Garuda Dua, Birobuli Utara, palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, kepada Islamic News Agency (INA), kantor berita yang diinisiasi JITU. Dirinya melanjutkan, tradisi Balia sendiri biasanya identik dengan kain berwarna kuning yang menjadi hiasan panggung ataupun ruangan yang dijadikan tempat pengobatan tersebut. “Jadi ini itu identik dengan pakaian kuning gitu, trus domba-domba yang masih hidup itu dijadikan bahan sesajen di hanyutkan dilaut,” tambahnya. Palu nomoni berati artinya palu berbunyi. Menurut Andi, tradisi ini sebenarnya sudah lama lenyap sejak kedatangan guru tua habib Idrus bin Salim Al Jufri, yang disebut masih memiliki sanat keturunan dari Baginda Rasulullah SAW. ” Sebenernya tradisi ini sudah lama hilang, dibersihkan sejak kedatangan guru tua, namun kembali dihidupkan,” tuturnya. Dimulainya tradisi ini sejak 2016, terpilihnya walikota pasangan Hidayat – Sigit Purnomo Said (Pasha). Namun sejak 2016 juga terus terjadi hal-hal aneh seperti angin kencang. “Jadi memang tradisi ini identik dengan roh halus, sejak 2016 dihidupkan kembali, memang 2016 dan 2017 itu setiap dirayakan angin kencang trus, saat ini barulah tsunami,” paparnya. Bangunan yang hancur akibat gempa yang melanda Palu .sumber [arrahmah.com]

    Make Google view image button visible again: http://goo.gl/DYGbub
  • Runtime : 2:19
  • palu palu tsunami palu gempa 2018 palu gempa dan tsunami nomoni palu pesta adat namoni namoni palu sulawesi gempa palu gempa gempa tsunami palu gempa tsunami gempa sulawesi tsunami palu gempa donggala gempa bumi kota palu gempa sulteng gempa di palu pasca gempa palu donggala video gempa bumi di palu #palu gempa donggala-palu fpi palu #gempa @gempa bumi gempapalu kabar palu @palu berita pasca gempa donggala tsunami kota palu korban gempa

COMMENTS: 40

  • Vicka Amelia
    Vicka Amelia   1 weeks ago

    Para ulama penyeimbang bumi..brang siapa yg meninggalkan dan tk mengikuti seruan ulama..maka saat itlh bumi menunggu kehancuran.. Alwys save we ulama2.habaib2.ustad2 guru2 kta tuk slalu mnjga keseimbangan bumi..

  • Kiky Aremania
    Kiky Aremania   1 hours ago

    Ulama sudah mengigatkan tpi msih keras hatinya trs walikotanya gamna msa itu ngasih ijin trs ada kaum LGT juga diem .semoga kita slmt amiin

  • Psychopart Parlor
    Psychopart Parlor   2 hours ago

    Yg nonmuslim kok komennya masukmasuk sini ya?Enak kalo sopan, tp malah menghina, mencaci.. pantesan drtd kecium bau amis..

  • Zaq Zaq
    Zaq Zaq   4 hours ago

    Alhamdulillah irobil alamin, ya itu orang yg ga per,caya pd ALLAH and para ulama, semoga orang yg masih hidup sadar ad nya ALLAH TA’ALA, tidak musrik, semoga menjadi pelazarann,

  • Hamid Pujiharto
    Hamid Pujiharto   5 hours ago

    Kayaknya acara2 spt ini lagi digalakan oleh pemerintah yg sekarang diberbagai daerah, kalo ingin selamat jangan ikuti acara2 spt ini.

  • Ksha
    Ksha   8 hours ago

    Mati jelahh indon.. Smua rakyat dorang memang bodohhhh..

  • Gusti Winarta
    Gusti Winarta   9 hours ago

    satu pertanyaan kenapa para koruptor itu baik2 saja yg jelas sengsarakan rakyat banyak? siapa yg menasehati para koruptor?

  • Bless Cell
    Bless Cell   11 hours ago

    demi uang youtube cari konten hoax.. fix laporkan demi baik citra anda di mata masyarakat anda sok sokan menghakimi orang lain dan kebohongan yg anda sampaikan... just only god know bukan anda yg buat vidio..yg namnya budaya dri nenek monyang gx bsa di hapus maupun di singkirkan yg bisa hanya di ubah tujuanya yg dulu tujuanya buat roh klo skanran karena masuknya agama jdi tujanya untuk Allah dan adat nya hanya sebatas budaya leluhur yg harus di wariskan dri ujung sabang smpe ujung marauke punya adat dan kepercayaan masing2 yg pasti tujuanya ke Tuhan masing klo langsung mengjudge itu sirik anda bukan Tuhan ulama juga bukan Tuhan. (manusia,agama,budaya) itu bekaitan.

  • Bless Cell
    Bless Cell   11 hours ago

    vidio pemecah belah laporin aja mbok ya mikir klo mau buat vidio kasian yg jdi korban ayo bareng2 kita report vidio ini... di daerah mana pun ada adat sendiri2 hargai.

  • Adi Grogot
    Adi Grogot   11 hours ago

    Dasar keparat jahanam yang buat video ini itu bukan karna pesta itu memang karna sudah waktunya kena musibah atau bencana alam sekali lagi saya ucapkan kepada yang bikin video ini dasar keparat jahanam mudahan seluruh keluarga mu kena musibah mendadak tapi tidak mati mudahan hidup mu kena bencana terus menerus mudahan umur mu panjang sampai 300 tahun tapi lumpuh setruk

  • Daniel Prw
    Daniel Prw   12 hours ago

    namanya bencana alam ambil. berkahnya dan hikmahnya,kl sdh kn bencana pada bgg krn lgbt,krna pesta sirik,krn ini itu,itulah manusia yg sknya mengait 2kan kejadian,terima aja kehendaknya kita manusia bisa apa bersyukurlah dan berdoa agar kt di jauhkan dr bencana dan di ampuni dosa kt ini

  • Andi Kencono
    Andi Kencono   12 hours ago

    Astagfirulloh chanel ini chanel kampret videonya bikin onar trus

  • pariaman bismillah
    pariaman bismillah   12 hours ago

    kalau irang kafir ngak percaya kiyasan makanya allah murka azab orang2 kafir laknat allah sedah menunjukan kebenaranya bagi mat idlam mari dekat kan fiti ke pada allah mari betibadah jgnnikut kan orang 2 kafir orang kagir itu yg jd kayu api neraka di ari klak magi umat islam seiman dekat kan diri pada allah amikn ya rab

  • Emiliana Emiliana
    Emiliana Emiliana   13 hours ago

    Betul slamat ya Mati habis pests itu surga dunia mu kekak neraka. Mu

  • Sigit Agil
    Sigit Agil   13 hours ago

    Sudah lah jangan saling menyalahkan satu sama lain ayo qt berkaca masing masing apa salah kita apa kekurangan kita semua sudah terjadi. Semoga alloh senantiasa memberikan yg terbaik buat bangsa ini. Aammiin

  • Rozikin Kin
    Rozikin Kin   13 hours ago

    D indonesia tu brmacam**tdk smua orang baik ,djawa ada yg baik ada pula yg buruk , d aceh jg bgitu ada yg baik ada pula yg jahat , dulu GAM jahat sm orang**pndatang tdk brsalah main bunuh , d ntb/lombok pun ada yg baik jg ada yg tdk baik...d dlm al qur an dah dtrangkan smua, sy prcaya musibah tu peringatan/ ujian dr allah.

  • reza doch
    reza doch   13 hours ago

    orang tu kenapa ya kog gk ada fikiran normal hanya ingin exsis aja mau , nglakuin hal gila yg mnyimpang agama

  • squad vortex
    squad vortex   14 hours ago

    Mcm youtuber indon jugak...diorg selalu bahan negara kita...sekarang kita pulak bahan negara mereka...untuk dijadi kan pengajaran🤔..#bukan untuk balas dendam😏...admin ni ada bagus nye...dia buat video nie untuk memberi tahu kepada rakyat malaysia...janganlah kau melakukan perkara2 yg syirik dan menyesatkan...teruk bencana yang kita dpt..👍

  • wynne putradana
    wynne putradana   14 hours ago

    Hukum asal adat itu boleh, asal tidak melanggar syariat. Ingat!

  • Ungkang Kunuk
    Ungkang Kunuk   14 hours ago

    Syirik..maksiat..semoga ini jadi pedoman hidup untuk semua ajar kembali ke pangkal jalan yang lurus

  • Cewek Ahay
    Cewek Ahay   14 hours ago

    Bukanyq di palu bnyak perempuan suka sama perempuan laki"sama laki, itu 1 minggu sebelum gempa ulama dakwah

  • Suradi Rabawi
    Suradi Rabawi   14 hours ago

    Ini musibah malah nyinyir ,kalau sudah baca yg pada komen anda malah di hujat di kait2 kan Agama dengan adat ,lihat sunami Aceh ratusan ribu meninggal 😎, kata nya serambi Mekah?

  • Yayah Handayani
    Yayah Handayani   15 hours ago

    Kalau masarakat masih berbuat syirik.itu salah kamu Nur.salah kamu dkk.ulama.habib.ngurus apa kamu.da wahnya sudah bener belum.da wah kamu nur dkk dimana? bagaimana cara da wah mu sudah sesuai tdk dengan da wah rosul.merubah ibadah dan upacara seseorang tdk bisa berubah sekaligus. da wah itu harus sabar nur.bukan seperti nungtun kerbau.dawh mu dkk sekarang bukan da wah tapi nyinyir kpd pemerintah.semua yg disalahkan kpl negara.yg bener kamu semua.yg salah orang lain.begitu cara da wah rosul?

  • Ali Mahmud
    Ali Mahmud   16 hours ago

    Chsnnel NGAWUUURR..... PENYEBABNYA BANYAK bro.....

  • Maranata Andri
    Maranata Andri   17 hours ago

    Kalo memang gara2 itu trus trjadi bencana,d jkrta lebih parah brow,dunia malam d sana bnar2 gila2an.....Tp santai2 aja d sana,paling yg nakutin cuma banjir....

  • Nur Aisyah
    Nur Aisyah   18 hours ago

    Orang yang mengaku sok benar itu setan

  • Yoga agoy
    Yoga agoy   18 hours ago

    Adat sebuah bukan sebuah malapetaka, namun perbuatan manusianya yg akan membawa kehancuran. Apa lagi kalo sebuah adat di tinggalkan maka sebuah kehancuran yg hebat akan datang. Jangan sampai terprovokasi apa lagi terbelenggu dngn media" yg membuat kita buta akan sebenarnya sebuah arti kehidupan. Jadilah ntzn yg cerdas n berwawasan luas

  • Ferry Firmansyah
    Ferry Firmansyah   18 hours ago

    Agama itu pedoman. Semestinya pemikiran yang jahat sudah tiada jika agama terlah sampai kpd kita. Tirulah ahlak Rasulullah lewat kyai2 Alim. Bukan ustadz2 yang laku untuk dijual di industri TV. Yang membuat kita merasa benar sendiri dan membuat kita ingin memusuhi pihak lain.

  • I GEDE SUDIARTA
    I GEDE SUDIARTA   18 hours ago

    Semua terjadi krn alam menunjukkan eksistensinya kenapa ritual dijadikan kambing hitan dgn alasan syrik..semua krn proses alamiah n shrsnya kita mnjga alam dri ancaman glibal warnning dgn.mengurangi polusi emisi gas termasuk rumah kaca yg mengganggu atmosfir bumi ..manusia punya agama akan tetapi nggak punya akal n pikiran kalian n shrnya berbuat kpd para keluarga korban saat ini

  • UleK Mayang
    UleK Mayang   18 hours ago

    ni salah satu budaya kebanggaan orang indon kan??

  • paduka 11-12
    paduka 11-12   18 hours ago

    Dasar pengetahuan dan ungkapan "SYIRIK dan MUSRIK" ,kita pada umumnya kurang kedalaman kategori. Mengucap hanya berdasar emosi seolah pengtahuanya paling tinggi, paling pintar serta lupa akar budaya, lupa purwadaksi/lupa darimana dia berasal.

  • Aa Y
    Aa Y   19 hours ago

    Pantesan kalu begitu Alloh murka ...

  • Rahimah Mohamad
    Rahimah Mohamad   19 hours ago

    Para ulama dan petanda sudah ada....padam muka mu semua...pesta PORAsyirikk tu di LAKNAT..ALLAH..ALLAH MAHA BESAR.TIADA TUHAN YG DI SMBAH SELAIN ALLAH...PATUT DI BUNUH KAUM YG MNGANJUR TU SEMUA

  • Erna Gufran
    Erna Gufran   21 hours ago

    Seorang muslim tidak seharusnya melakukan ritual2 sprti itu....cukup dg mengucapkan rasa syukur dan doa bersama dan dzikir bersama...padhl kejadian2 sebelmnya sdh jd peringatan tp masih sj mengabaikannya....akhirnya banyak tumbal yg dikorbankan krn mengikuti hawa nafsu yg sm sekali tidak ada manfaatnya sedikitpun

  • Lana Naura
    Lana Naura   22 hours ago

    Allah SWT berfirman:وَاِذَا قِيْلَ لَهُمُ اتَّبِعُوْا مَاۤ اَنْزَلَ اللّٰهُ قَالُوْا بَلْ نَـتَّبِعُ مَاۤ اَلْفَيْنَا عَلَيْهِ اٰبَآءَنَا ۗ اَوَلَوْ كَانَ اٰبَآ ؤُهُمْ لَا يَعْقِلُوْنَ شَيْئًـا وَّلَا يَهْتَدُوْنَwa izaa qiila lahumuttabi'uu maaa anzalallohu qooluu bal nattabi'u maaa alfainaa 'alaihi aabaaa`anaa, a walau kaana aabaaa`uhum laa ya'qiluuna syai`aw wa laa yahtaduun"Dan apabila dikatakan kepada mereka, Ikutilah apa yang telah diturunkan Allah, mereka menjawab, (Tidak!) Kami mengikuti apa yang kami dapati pada nenek moyang kami (melakukannya). Padahal, nenek moyang mereka itu tidak mengetahui apa pun dan tidak mendapat petunjuk."(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 170)