voir épisode 25 | Elizabeth Hawthorne | Supernatural - Season 12

Cerita M1st1s Sehari sebelum G3mp4 P4lu, 7 Orangtua Aneh Sudah Berikan Peringatan

  • Published on: 09 October 2018
  • Gempa yang mengguncang Palu, Donggala, Sigi dan sejumlah wilayah lain dan disertai tsunami itu kini meninggalkan sejumlah kisah.

    Salah satunya adalah cerita mistis yang berkembang di masyarakat setempat.

    Dalam cerita yang berkembang itu, disebutkan bahwa sejatinya sudah ada peringatan sehari sebelum gempa jelas Maghrib, Jumat 28 September 2018 itu.

    ‘Peringatan’ itu disebutkan datang dari tujuh orang tua yang bersamaan menumpang sebuah angkot.

    Salah seorang tokoh masyarakat Palu yang ditemui Pojoksatu.id, Badri Masyut Yutji (57) mengisahkan, dirinya mendengar cerita mistis yang dikisahkan seorang sopir angkot.

    Ia menjelaskan, ia mendapat cerita itu hanya sehari sebelum gempa mengguncang.

    Badri membeberkan, sang sopir angkot itu bercerita dirinya mendapat pengalaman aneh.

    Saat itu, si sopir angkot mendapat tujuh penumpang orang tua.Katanya ketujuh orang tua itu berpenampilan aneh. Mereka berdebat sepanjang jalan di dalam angkot,” ujar Badri.

    Sayangnya, kata dia, si sopir tak mengetahui persis apa yang sedang diperdebatkan oleh tujuh orang tua tersebut.

    Pasalnya, selama berdebat, ketujuh orang tua itu berdialog dengan menggunakan Bahasa Unde (Bahasa Suku Kaili, penduduk asli Palu).

    Tapi yang membuat sopir angkot itu terkejut adalah ketika ketujuh orang tua itu minta diturunkan di Jembatan Kuning Palu atau Jembatan Ponulele.

    “Ketika turun itu, salah seorang dari mereka berpesan kepada si sopir. Katanya, Bo masadia mami komi maile (Nak, besok kalian siap-siap yah),” beber Badri.

    Menurut Badri, ketujuh orang tua itu diduga berasal dari Kebun Kopi, sebuah daerah yang oleh warga Palu kerap menyebutnya sebagai Kota Hilang.

    “Di daerah ini diyakini adanya sebuah kerajaan jin, beraktivitas layaknya manusia. tapi tak tampak secara kasat mata,”

    “Mereka sesekali menampakkan diri dan hanya orang-orang tertentu yang bisa melihatnya,” jelasnya.

    Badri kemudian menjelaskan bahwa pesan dari ketujuh orang tua itu, mungkin ada kaitannya dengan bencana yang menelan korban ribuan orang itu.

    “Yah, mungkin maksud pesannya itu meminta warga Palu bersiap menghadapi bencana yang maha dahsyat ini,” katanya.

    Badri tidak menampik, kalau memang ada banyak kejadian aneh sebelum gempa dan tsunami Palu.

    Misalnya, sore hari sebelum gempa terjadi ribuan burung terbang di atas langit kota Palu.

    “Pokoknya sore itu memang langit jadi hitam karena banyak sekali burung beterbangan. Mereka seperti berkumpul di atas langit Kota Palu,” jelasnya.

    Sebelumnya, sampai dengan Minggu (7/10/2018) pukul 17.00 WITA, jumlah korban tercatat nyaris mencapai 1.944 orang.

    Kepala Penerangan Komando Tugas Gabungan Terpadu Sulawesi Tengah Kolonel Inf. Muh Thohir menjelaskan, 815 jenazah korban bencana dikubur secara massal di Poboya.

    35 jenazah dikubur massal di Pantoloan, dan 1.059 jenazah telah dimakamkan oleh keluarga masing-masing.
  • Runtime : 3:44
  • Cerita Mistis Sehari sebelum Gempa Palu 7 Orangtua Aneh Sudah Berikan Peringatan

COMMENTS: 40

  • pelakat. s
    pelakat. s   41 minuts ago

    tiada yg samar.inilah kamu ne.bila jdi begini pon masih mcm2 lg.silakan.!!.indonesia ada2 sj yg berlaku.terpulag pd kalian.kalau ada gempa jgn nangis.!.berdepan lah.

  • Nur Rosyid
    Nur Rosyid   51 minuts ago

    Suara gak enak d denger😱😱😱

  • Chlintia Bertin
    Chlintia Bertin   2 hours ago

    sekuat ap x n mbhn dg duit x.n......sekuat ap jmbtn itu tetep tdk.bs mlwn allah

  • Erwin T
    Erwin T   9 hours ago

    Org Indonesia dgn mistis tololnya.

  • ERZASA
    ERZASA   11 hours ago

    Bingung. Suara robot gini kok bisa trending. Yaiyalah. Yg komen banyak 😂

  • udin bsaland
    udin bsaland   13 hours ago

    Bagus ditimpuk batu ini emak2 tukang gosip

  • Fam Fam
    Fam Fam   14 hours ago

    Gimana sihh ... Mnding pake text aja .. males dengernya jga ... Sumber ?Hoax kah ?

  • DE 2N
    DE 2N   19 hours ago

    Kenapa selalu suara ini yg ku dengar 😏

  • Laksmono Aji Nugroho

    PERUSAK AQIDAH ISLAMINI YANG SEJATINYA MEMBAWA KEPADA BENCANA, MEYAKINI DARI SELAIN ALLAH DALAM PENGATURAN ALAM SEMESTANYA.. APAPUN YANG TELAH TERJADI CUKUP KITA KATAKAN "QADARULLAH MAA SYAA FA'ALA" (Allah telah menetapkan dari apa apa yang ia inginkan), DAN DENGAN ADANYA VIDEO INI SEAKAN MENAFIKAN ITU SEMUA, WAALLAHUL MUSTAAN. INDONESIA DARURAT AQIDAH SHAHIHAH.

  • KERA Kampungan
    KERA Kampungan   1 days ago

    Pray for PALU dan INDONESIA... Aku bikinin lagu untuk saudara2 di Palu. Cek di channelku. Trims supportnya ....

  • Achmadi Nasution
    Achmadi Nasution   1 days ago

    Allah swt.maha segala galanya , dari itu kita harus beragama yg muslim harus percaya pd alquran dan hadis rukun islam dan rukun iman wajib diketahui dan jalankan.era ini aneh dalam kehidupan dan nerpolitik tidak boleh dicampur dgn agama.sadarkah wahai para eksekutip jangan remehkan ulama demi menghancurkan ummat islam dari nkrisekarang ini tujuan aseng dan cina yg punya kejayaan yg banyak sudah mulai kelihatan penjajahan terselubung menguasai ekonomi dan banyak bidang lainnya kerjasama dgn non muslim suku suku ttt.dan muslim ktp

  • Khaidir Riduan
    Khaidir Riduan   1 days ago

    Hahaha taikkkk.... Lihat masjid terapung di palu itu... masih teguh.. subhanallah.. kuasa allah yg satu.. tiada duanya

  • Muzalimah Suradi
    Muzalimah Suradi   1 days ago

    Orang tua berarti jelmaan jin.Kalau anak muda itu berarti jelmaan malaikat

  • Siti Setia
    Siti Setia   1 days ago

    msuk akal....lo diatas wilaya situ byk burung, akan trjdi yg aneh, gmpa sunami tu btl, mangkanya hilangkn musyrik, lo pingin hdp selamat dunia akhirat, jgn pakai ritual2an...jgn pakai taek2an, pakailah bersujud kepada alloh, mintalahvapa2 kepda alloh,jgn sama setan jin laut mau pun drt,

  • Riski Samani
    Riski Samani   1 days ago

    Sangat kesal mendengar suara Tante google.😣😣

  • Ela Sayang
    Ela Sayang   1 days ago

    Tolong baned akun gajelas ini....

  • Iqbal Darmawan
    Iqbal Darmawan   1 days ago

    Itu karena orang di palu menyembah sembarangan dan melakukan ritual iblis kata nenek gua yang di palu

  • Rimba Kaltim
    Rimba Kaltim   1 days ago

    admin suda pintar bahasa kaili hahahaha...

  • inda nabilla harahap

    Nasi udh jadi bubur ... Mau cerita begini begitu cukuplah sekadar introspeksi diri aja...